Monday 22 February 2016

Unknown

Peringatan Hari Peduli Sampah Semarak di Surabaya

YALPK "Yayasan Advokasi Lembaga Perlindungan Konsumen"LPKNM.com-Surabaya. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional berlangsung semarak dengan car-free day di ruas jalan itu.

Banyak komunitas dan anak-anak sekolah mengenakan kostum khusus dan unik dari sampah plastik. Mereka ikut mengkampanyekan diet kantong plastik dan mengurangi sampah plastik.

Anugerah Rizki, warga, mengatakan senang terlibat dalam kampanye itu. Menurut dia, sudah saatnya kantong plastik “dimuseumkan”. “Mari kita sama-sama menjaga lingkungan dengan cara mengurangi menggunakan sampah plastik,” tuturnya.

Bahkan Anugerah berjanji tidak lagi menggunakan kantong plastik dalam setiap aktivitas sehari-hari sehingga ia mengaku akan membawa tas sendiri untuk membawa belanjaannya itu. “Apalagi, katanya, kantong plastik itu nanti harus membayar Rp 5.000, sayang dong,” ujarnya.

Siswi SMPN 11 Surabaya, Rizky Aqidatul Izzah, termasuk di antara duta sampah. Dia mengatakan gembira bisa terlibat dalam acara yang dinilai paling penting ini. “Kami sengaja pakai kostum unik seperti ini supaya kampanye kami lebih mengena,” katanya.

Setidaknya ada 18 siswa yang mengenakan kostum unik dari bahan bekas. Mereka juga terlihat girang karena banyak dijadikan obyek foto selfie oleh warga lain. “Kami siswa-siswi SMPN 11 mengajak warga Kota Surabaya diet kantong plastik,” ujar Rizky.

Dalam kesempatan itu, Risma juga menggelar telekonferensi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Komunikasi jarak jauh itu juga menarik perhatian warga saat car-free day tersebut.

Menteri Siti, di Jakarta, telah mencanangkan uji coba kantong plastik berbayar mulai hari ini pula. Uji coba diterapkan di 23 kota, termasuk Surabaya. "Akan ada evaluasi sebelum diterapkan penuh pada Juni," ujarnya.
melibatkan ribuan warga di Kota Surabaya, Jawa Timur. Peringatan ini dipimpin langsung Wali Kota Tri Rismaharini di Taman Bungkul, di Jalan Darmo, Surabaya, berbarengan dengan agenda rutin

Unknown

About Unknown

Pimpinan Redaksi Tabloid LPKNM